RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P)
Nama Sekolah : SMP N 1 KERINCI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI :
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI
DASAR : 1.1. Mengidentifikasi
bangun – bangun datar yang sebangun dan
kongruen.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Pertemuan Pertama dan
Kedua,
1.
Peserta didik dapat mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen
melalui model bangun datar
2.
Peserta didik dapat mendiskusikan dua bangun datar sebangun atau kongruen.
- Karakter siswa yang diharapkan : - Berpikir Logis
- Kritis
- Kreatif
- Kemandirian
- Karakter siswa yang diharapkan : - Berpikir Logis
- Kritis
- Kreatif
- Kemandirian
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama dan
Kedua.
Pendahuluan
-
Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap
atau halaman.
-
Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2.
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk mencermati unsur-unsur yang
terdapat pada dua bangun datar sebangun.
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika
1 untuk kelas IX SMP dan Mts.
Sumber
lain yang relevan
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
||||
· Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen
melalui model bangun datar
· Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau
kongruen
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Daftar
pertanyaan
|
· Bangun-bangun
manakah yang sebangun dan manakah yang kongruen? Mengapa?
1 2 3
4 5 6
· Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?
|
Mengetahui : Semurup,
.............................20...
Kepala SMP Negeri 1 Kerinci, Guru
Matematika,
Drs. NAFRIZAL JENEPAR,
S. Pd
NIP. 19631215 198703 1 010 NIP.
19660118 198703 1 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KERINCI
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI :
1. Memahami kesebangunan bangun datar
dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI
DASAR : 1.2.
Mengidentifikasi sifat - sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
ALOKASI WAKTU :
4 jam pelajaran (2
pertemuan).)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Pertemuan Pertama dan
Kedua,
a.
Peserta didik dapat membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
b.
Peserta didik dapat menyebutkan sifat sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama dan
Kedua.
Pendahuluan
-
Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap
atau halaman.
-
Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
2.
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat membedakan pengertian sebangun dan
kongruen dua segitiga
F Peserta didik dapat menyebutkan sifat sifat dua
segitiga sebangun dan kongruen
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Berlogika
dengan Matematika 1 untuk kelas IX SMP
dan Mts.
Sumber
lain yang relevan
F. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Membedakan pengertian sebangun dan kongruen
dua segitiga.
· Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga
sebangun dan kongruen.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Daftar
pertanyaan
|
·
Kalau ΔABC sebangun
dengan ΔPQR,
apakah
a. sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang?
b. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar?
· Kalau dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun?
Diketahui ΔABC
dan ΔPQR,
sebangun
Sudut A
= sudut ….
|
Mengetahui : Semurup,
.............................20...
Kepala SMP Negeri 1 Kerinci, Guru
Matematika,
Drs. NAFRIZAL JENEPAR,
S. Pd
NIP. 19631215 198703 1 010 NIP.
19660118 198703 1 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KERINCI
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI
DASAR : 1.3 Menggunakan konsep kesebangunan
segitiga dalam pemecahan masalah
ALOKASI WAKTU : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama Kedua.
Ketiga dan keempat.
Setelah
selesai pembelajaran diharapkan :
1.
Peserta didik dapat mengamati perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang
sebangun dan menghitung panjangnya.
2.
Peserta didik dapat menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama dan
Kedua.
Pendahuluan
-
Apersepsi : 1. Membahas PR yang sulit
2. Mengingat kembali syarat dua segitiga yang
sebangun.
-
Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran
yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
dapat mengamati perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
Pertemuan Ketiga dan
keempat.
Pendahuluan
-
Apersepsi : 1. Membahas PR yang sulit
2. Mengingat kembali syarat dua segitiga yang
sebangun.
-
Motivasi : 1. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran
yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk menampilkan dua bangun datar
F Meminta Peserta didik maenghitung dan membandingkannya
F Membimbing peserta didik untuk menemukan cara
menyelesaikannya
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Sumber
lain yang relevan
F. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang
sebangun dan menghitung panjangnya
· Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian
dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm,
maka panjang sisi QR adalah ….
· Sebuah foto ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar foto
tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang
diperbesar tersebut adalah …..cm2.
|
Mengetahui : Semurup,
.............................2011..
Kepala SMP Negeri 1 Kerinci, Guru
Matematika,
Drs. NAFRIZAL JENEPAR,
S. Pd
NIP. 19631215 198703 1 010 NIP.
19660118 198703 1 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 1 KERINCI
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI :
2. Memahami sifat – sifat tabung, kerucut, dan bola serta
menentukan
ukurannya.
KOMPETENSI
DASAR : 2.1.
Mengidentifikasi unsur – unsur tabung kerucut dan bola
ALOKASI WAKTU : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 menit )
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
selesai pembelajaran peserta didik diharap dapat :
Menyebutkan
unsur – unsur dari tabung , kerucut dan bola : jari-jari, diameter, tinggi,
sisi, alas
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Tabung,kerucut
dan bola
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
-
Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan bangun ruang yang terdapat
di sekitar tempat pembelajaran.
-
Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
2.
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
3.
Materi Tabung, Kerucut dan Bola sangat banyak manfaatnya dalam kegidupan
sehari-hari.
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
dapat Menyebutkan unsur – unsur dari tabung , kerucut dan bola : jari-jari,
diameter, tinggi, sisi, alas
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Buku
Peserta didik
LKS
Sumber
lain yang relevan
F. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi,
sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
a. Arsirlah alas kerucut
b. Gambarlah tinggi kerucut
|
Mengetahui : Semurup,
.............................20...
Kepala SMP Negeri 1 Kerinci, Guru
Matematika,
Drs. NAFRIZAL JENEPAR,
S. Pd
NIP. 19631215 198703 1 010 NIP.
19660118 198703 1 001
0 komentar:
Posting Komentar