Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

LEMBAR KERJA SISWA


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Lembar kerja siswa (LKS) merupakan suatu lembaran kerja bagi siswa yang disusun secara terprogram yang berisi tugas untuk mengamati dan mengumpulkan data dan tersaji, utntuk didiskusikan atau dijawab sehingga siswa dapat menguji diri seberapa jauh kemampuannya dalam bahasa yang disjikan guru 

 
Lembarkerja siswa (LKS) adalah lembaran-lembaran yang digunakan sebagaipedoman didalam pembelajaran serta berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam kajian tertentu, dan sebagai penunjang untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar dapat mengoptimalkan hasil belajar (Rescha, 2007).
Trianto (2007) menguraikan bahwa dalam lembar kerja siswa adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Lembar kegiatan ini dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen atau demonstrasi.

LKS merupakan lembaran yang memuat bahan pelajaran yang disusun secara sistematis dan teratur. LKS juga lembaran yang berisi pedoman dan petunjuk kerja bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang terprogram terdapat dua kategori LKS menurut (Efitra, 2007) yaitu:
1)        LKS tak berstruktur merupakan lembaran berisi sarana untuk menunjang materi pelajaran siswa.
2)        LKS berstruktur merupakan lembaran yang dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu kegiatan tanpa bantuan guru ataupun dengan sedikit bantuan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada lembaran kegiatan itu disusun petunjuk dan pengarahan untik siswa dan guru berperan sebagai pengawas dan pembimbing kegiatan siswa.
Menurut Belawati (2003 : 6) LKS berdasarkan kegiatan dapat dibedakan menjadi LKS eksperimen dan non eksperimen. LKS yang bereksperimen merupakan LKS yang berisi petunjuk dan pertanyaan yang harus diselesaikan siswa untuk menemukan suatu konsep dengan bentuk kegiatan dikelas seperti diskusi. Dengan kemudian dapat disimpulkan bahwa LKS adalah perangkat pembelajaran yang berupa lembaran yang berisi tujun pembelajaran, uraian materi pembelajaran, petunjuk untuk melakukan kegiatan yang terprogram serta pertanyaan yang tersusun secara sistematis sehingga dapat mengarahkan siswa menemukan, memahami serta menerapkan suatu konsep dalam kegiatan belajar dikelas maupun di laboratorium.

Fungsi Lembar Kerja Siswa (LKS)
            Menurut (Belawati, 2003) Lembar kerja siswa mempunyai fungsi antara lain: (1) untuk tujuan latihan, yaitu siswa diberikan serangkaian tugas/aktivitas latihan. Lembar kerja seperti ini sering digunakan untuk memotivasi siswa ketika sedang melakukan tugas latihan; dan (2) untuk menerangkan penerapan (aplikasi).
            Menurut (Rahayu, 2008 : 4) fungsi LKS dalam proses belajar mengajar ada 2, yaitu : (1) dari segi siswa: sebagai sarana belajar baik dikelas, diruang praktik, maupun diluar kelas sehingga siswa berpeluang besar untuk mengembangkan kemampuan, menerapkan pengetahuan, melatih keterampilan, memproses sendiri untuk mendapatkan perolehannya; (2) dari segi guru: melalui LKS, guru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sudah menerapkan metode “membelajarkan siswa”. Intervensi yang diberikan guru bukan dalam bentuk jawaban atas pertanyaan siswa, tetapi berupa panduan bagi siswa untuk memecahkan masalah.
            Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu dari sekian banyak perangkat pengajaran mata pelajaran IPA khususnya biologi, LKS banjyak digunakan untuk memnacing aktivitas belajar siswa karena dengan LKS siswa akan merasa diberikan tanggung jawab moral untuk menyelesaiakan suatu tugas dan marasa harus untuk mengerjakannya. Terlebih lagi apabila guru memberikan perhatian penuh terhadap hasil pekerjaan siswa dalam LKS tersebut.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar