LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Lembar
kerja siswa (LKS) merupakan suatu lembaran kerja bagi siswa yang disusun secara
terprogram yang berisi tugas untuk mengamati dan mengumpulkan data dan tersaji,
utntuk didiskusikan atau dijawab sehingga siswa dapat menguji diri seberapa
jauh kemampuannya dalam bahasa yang disjikan guru
Lembarkerja
siswa (LKS) adalah lembaran-lembaran yang digunakan sebagaipedoman didalam
pembelajaran serta berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam
kajian tertentu, dan sebagai penunjang untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam
proses belajar dapat mengoptimalkan hasil belajar (Rescha, 2007).
Trianto
(2007) menguraikan bahwa dalam lembar kerja siswa adalah panduan siswa yang
digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Lembar
kegiatan ini dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif
maupun panduan untuk pengembangan aspek pembelajaran dalam bentuk panduan
eksperimen atau demonstrasi.
LKS
merupakan lembaran yang memuat bahan pelajaran yang disusun secara sistematis
dan teratur. LKS juga lembaran yang berisi pedoman dan petunjuk kerja bagi
siswa untuk melakukan kegiatan yang terprogram terdapat dua kategori LKS
menurut (Efitra, 2007) yaitu:
1)
LKS tak berstruktur merupakan lembaran
berisi sarana untuk menunjang materi pelajaran siswa.
2)
LKS berstruktur merupakan lembaran yang
dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu kegiatan tanpa bantuan guru
ataupun dengan sedikit bantuan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada
lembaran kegiatan itu disusun petunjuk dan pengarahan untik siswa dan guru
berperan sebagai pengawas dan pembimbing kegiatan siswa.
Menurut Belawati (2003
: 6) LKS berdasarkan kegiatan dapat dibedakan menjadi LKS eksperimen dan non
eksperimen. LKS yang bereksperimen merupakan LKS yang berisi petunjuk dan
pertanyaan yang harus diselesaikan siswa untuk menemukan suatu konsep dengan
bentuk kegiatan dikelas seperti diskusi. Dengan kemudian dapat disimpulkan
bahwa LKS adalah perangkat pembelajaran yang berupa lembaran yang berisi tujun
pembelajaran, uraian materi pembelajaran, petunjuk untuk melakukan kegiatan
yang terprogram serta pertanyaan yang tersusun secara sistematis sehingga dapat
mengarahkan siswa menemukan, memahami serta menerapkan suatu konsep dalam
kegiatan belajar dikelas maupun di laboratorium.
Fungsi
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Menurut (Belawati,
2003) Lembar kerja siswa mempunyai fungsi antara lain: (1) untuk tujuan
latihan, yaitu siswa diberikan serangkaian tugas/aktivitas latihan. Lembar
kerja seperti ini sering digunakan untuk memotivasi siswa ketika sedang
melakukan tugas latihan; dan (2) untuk menerangkan penerapan (aplikasi).
Menurut
(Rahayu, 2008 : 4) fungsi LKS dalam proses belajar mengajar ada 2, yaitu : (1)
dari segi siswa: sebagai sarana belajar baik dikelas, diruang praktik, maupun
diluar kelas sehingga siswa berpeluang besar untuk mengembangkan kemampuan,
menerapkan pengetahuan, melatih keterampilan, memproses sendiri untuk
mendapatkan perolehannya; (2) dari segi guru: melalui LKS, guru dalam
menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sudah menerapkan metode
“membelajarkan siswa”. Intervensi yang diberikan guru bukan dalam bentuk
jawaban atas pertanyaan siswa, tetapi berupa panduan bagi siswa untuk
memecahkan masalah.
Lembar
Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu dari sekian banyak perangkat pengajaran
mata pelajaran IPA khususnya biologi, LKS banjyak digunakan untuk memnacing
aktivitas belajar siswa karena dengan LKS siswa akan merasa diberikan tanggung
jawab moral untuk menyelesaiakan suatu tugas dan marasa harus untuk
mengerjakannya. Terlebih lagi apabila guru memberikan perhatian penuh terhadap
hasil pekerjaan siswa dalam LKS tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar