Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Guru seorang Doktor

Profil Guru yang bergelar Doktor

 

Sabtu, 09 Feb 2013 09:31 WIB | 601 views
Guru adalah salah satu sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Hanya saja, sangat jarang sekali orang mau mengambil profesi menjadi guru dengan berbagai alasan. Akibatnya terkadang di kalangan profesi, guru dipandang sebelah mata. Padahal di baliknya tersimpan peran dan jasa yang besar untuk mendidik anak-anak bangsa. Para guru pun kadang juga enggan bersekolah tinggi-tinggi dengan berbagai alasan pribadinya. Tidak demikian halnya dengan guru bernama Sumarso yang terus menimba ilmu hingga gelar Doktor.

Sumarso menjalani profesinya sebagai Guru Bimbingan Konseling (BK) di SMA Negeri 1 Asembagus, Situbondo. Ia meraih gelar Doktor Psikologi Islam dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Penelitian disertasinya pun masih terkait dengan profesinya sebagai guru BK yaitu "Pola Kehidupan Keluarga Cerai dan Dampak Psikologis terhadap Siswa".

Sumarso memang sengaja meneliti dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan studi anak. Ia melakukan penelitian langsung di SMA Negeri 1 Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Dari 20 siswa yang berasal dari keluarga cerai, hanya tiga siswa yang lulus masuk di perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Negeri Jember (Unej), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Untuk menghindari perceraian, Sumarso merekomendasikan beberapa hal, antara lain setiap keluarga harus dapat menciptakan rasa saling mencintai, menghargai, menghormati, dan mempercayai. Orangtua juga harus menjalin kedekatan dengan sang anak melalui pola asuh yang tepat dan sesuai dengan perkembangan mereka. Semuanya juga harus berupaya untuk saling menghindari sikap-sikap tidak simpatik, tidak bertanggungjawab, perseteruan, sering marah, dan melakukan selingkuh. 

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Sumarso ini dapat menjadi inspirasi bagi para pendidik yang lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar