Senin, 18 Juni 2012
LEMBAR DISKUSI SISWA SMP
Mata pelajaran : Matematika
Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat kubus,
balok,
Prisma dan limas dan bagian-bagiannya
serta menentukan ukurannya.
Prisma dan limas dan bagian-bagiannya
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi dasar : 5.3 Menghitung luas
permukaan dan
Volume kubus, balok, prisma dan limas.
Volume kubus, balok, prisma dan limas.
Indikator : 1. Menemukan
rumus luas permukaan limas
Secara kritis dan kreatif
Secara kritis dan kreatif
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menemukan rumus
luas permukaan limas.
luas permukaan limas.
Alokasi waktu : 20 menit
KKM : 75
Nama anggota kelompok :
1.
2.
3.
4.
5.
Uraian materi
Untuk menemukan rumus luas permukaan limas, digunakan model
bangun limas.
Alat dan
bahan :
a.
Model bangun limas
b.
gunting
Cara
Kerja :
1.
Siapkan model bangun limas
2.
Guntinglah model limas berdasarkan sisi-sisi tegaknya
3.
Bidang sisi tegak berbentuk ….
4.
Bidang sisi alas berbentuk ……
5.
Banyak bangun segitiga
yang terbentuk dari jaring- jaring limas adalah ….
6.
Banyak bangun persegi yang terbentuk dari jaring-jaring limas
adalah ….
7.
Dari nomor 5 dan 6 diperoleh :
Luas seluruh sisi pada
limas = luas sisi persegi + 4 x luas ……………………
8.
Jumlah luas sisi tegak = 4 x luas ……………………
|
Lembar
Soal
- Tuliskan rumus luas permukaan limas segitiga.
- Diketahui limas segiempat beraturan dengan alas berbentuk persegi
a. Gambarlah Limas Segi Empat TABCD tsb
b. lengkapi sisi-sisi dengan ukurannya
c Tentukan luas permukaannya
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar