Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Model Pembelajaran

Langkah STAD Amali Putra ( 2003 )
1.Konsep/Sub konsep yang akan dibahas pada setiap kali pertyemuan dibagi 4 kelompok besar, misalnya, materi/subkonsep A,B,C dan D. Setiap materi / subkonsep ini dibuatkan oleh guru panduan berupa pertanyaan dan jawaban/ pertanyaan konsep yang harus dipahami siswa. Pertanyaan diurutkan sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.Siswa dalam satu kelas dibagi atas kelompok – kelompok yang beranggotakan 4 orang. Anggota setiap kelompok diusahakan heterogen ( siswa pandai, kurang, sedang diharapkan terdapat dalam satu kelompok )
3.Setiap memulai suatu kegiatan pembelajaran diusahakan siswa telah membaca materi yang akan dibahas dari buku yang ditunjuk sebagai bekal awal untuk mengikuti pembelajaran.
4.Dalam kegiatan pembelajaran dikelas , setiap panduan materi yang berbeda tersebut dibagi kan setiap anggoata ,misalkan panduan A,B,C,D dibagikan kepada  siswa 1,2 3 . 4 yang akan digunakan untuk menanyakan dan menilai pemahaman temannya,serta mendiskusikan  penyesesuaiiannya/jawaban yang benar.
5Sebelum menutup kegiatan pembelajaran ini, guru memberi pengarahan,penekanan,dan penenanaman konsep sesuai dengan diskusi yang berkembang.
6.Pada bagian penutup pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menyimpulkan seluruh materi yang telah dibahas bersama.
7.sebelum melaksanakan postes terhadap suatu konsep tertentu, guru menjelajskan tugas yang akan dikerjakan siswa untuk membahas kosep berikutnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar