MAKALAH
PENGEMBANGAN KREATIVITAS MANUSIA
MELALUI PEMANFAATAN OTAK KANAN
I.PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.
Manusia diciptakan dengan dua bagian
otak yaitu otak besar kanan dan otak besar bagian kiri.ini diciptakan untuk berintekraksi
satu dengan yang lain.namun perkembangan kebudayaan manusia lebih cenderung
untuk mempergunakan hanya salah satu dari bagian otak tersebut.
Riset tentang otak merupakan topik yang
menarik perhatian seluruh dunia sekarang ini, otak adalah merupakan pusat
pegontrol untuk sebuah fisik tubuh kita, setiap bagian tubuh termasuk sistim
pemikiran dan imajinasi sangat tergantung pada daya kerja otak kita. Jika otak
kita mempunyai kinerja yang tinggi. Setiap bagian tubuh fisik kita juga
menunjukkan kinerja yang tinggi.
Setiap orang pasti mengharapkan
kecerdasan otaknya, apalagi untuk generasi selanjutnya, kita mengharapkan memiliki
kecerdasan yang lebih dibanding dengan generasi sebelumnya.solusi supaya akan
menjadi cerdas adalah pengaktipan dari otak kanan agar berkembang mencapai
potensi maksimal.dengan aktivasi otak kanan akan mengubah bangsa ini menjadi
bangsa yang maju, kreatif dan memiliki karakter positif hal ini dimulai dari
generasi sekarang ini
Menurut Arman, ternyata tidak semua
orang tahu perihal kehebatan dan rahasia otak kanan manusia. Uniknya, berbagai
macam respon timbul ketika mendengar informasi tentang otak kanan. Ada yang
menganggap biasa-biasa saja, ada yang sama sekali tidak pernah mendengar, ada
yang tidak percaya bahwa otak manusia terbagi dalam dua bagian dengan fungsinya
masing-masing.respon lain, ada yang menganggap bahwa otak
kanan berfungsi atau aktif secara otomatis, apabila organ tubuh bagian kiri
sedang bergerak, bahkan ada anggapan tidak ada pembagian otak kiri, otak kanan,
maupun otak tengah. Yang mereka percayai, otak manusia hanya satu.
2.2. fungsi otak
kanan.
a.Otak kanan
memiliki kemampuan dalam hal rasa empati atau kepedulian yang tinggi. Otak
kanan juga memiliki kemampuan berkolaborasi dengan hati, memiliki kemampuan
daya kreatif dan seni yang tinggi. Keistimewaan otak kanan juga memiliki
gelombang otak bernama gelombang alfa. Gelombang ini yang bisa merasakan
keikhlasan, kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening, kepuasan,
imajinatif dan seterusnya (Hartono Sangkar Paran )
b. Belahan otak kanan
berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi dan dimensi. Jadi belahan
otak kanan berfungsi kalau manusia menggambar, menunjuk, memeragakan, bermain,
berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya. Sebenarnya kedua belahan otak kiri dan kanan
sama penting dan sama kuatnya. Mereka saling melengkapi satu dengan yang lain.
c.Otak kanan, dapat merekam dengan cepat
dan tersimpan selamanya dalam memori otak, se – sel darah manusia dapat menjadi
cadangan tempat penyimpanan memori otak kita penuh. (Hartono
Sangkar Paran )
2.2.
mamfaat otak kanan.
Secara umum jika kita mendominankan
fungsi dari otak kanan akan memunculkan rasa kasih saying, tenggang rasa dengan
menggunakan perasaan. sehingga masyarakat menjadi pandai, ramah tamah, otak
kanan adalah otak emosional yaitu terkait dengan EQ. dan mampu menentukan 80 %
kesuksesan
Disaat kita tidur akan lebih aktif ,
kemahiran – kemahiran kita , seperti kreativitas ,imajinasi, intuisi dan
sintesis dapat bermunculan.( Ippho Right Santosa )
Dengan otak kanan dapat :
1.
Mempercayai
kekuatan sepasang bidadari dan keajaiban – keajaiban lainnya.
2.
Menemukan
keajaiban abadi ditengah berkecamuknya persaingan,dan kita meninggalkan simpul
pekerjaan dan mencoba simpul perdagangan.( Ippho Right Santosa ).
3.
Berani
menantang status qua, mencari pendekatan baru,memahami pesan – pesan
tersembunyi, dan membuat perumpamaan – perumpamaan.
4.
berani bersadakah sebelum memulai usaha atau
kerja justu dengan begitu usaha dan kerja akan lebih lancar.
5.
Membantu
kita beshalawat ketika kesibukan, bertawakal ditengah kebuntuan, bersyukur tak
kala ditimpa masalah, disitulah tersimpan potensi rezki dan hikmah – hikmah
berharga.( Irawati Istiadi ).
6.
Mampu
menghangatkan suasana kita dapat bergurau,bermain,bercerita,dan bernyanyi. .(Irawati
Istiadi ).
II.PERMASALAHAN.
Bahwa otak manusia terdiri dari dua
belahan yaitu otak kiri dan kanan , ketika susunan syaraf indera menerima
informasi mereka akan meneruskan ke otak , selanjutnya otak akan mengolah
informasi tersebut untuk kemudian memberi
perintah kepada organ – organ tubuh yang lain.masing – masing otak kiri dan
kanan memiliki spesifikasi keahlian khusus dalam mengolah impormasi – impormasi
yang masuk., sehingga didalam kehidupan sehari – hari lebih banyak memunculkan
permasalahan yang berkaitan dengan komunikasi verbal diantaranya adalah :
1. Manusia dalam aktivitasnya sehari hari manusia
terlalu menekankan aktivitas belahan
otak kiri. Masyarakat umumnya lebih mementingkan
analisis, logika, dan
jarang sekali memperhatikan
atau kurang mengoptimalkan fungsi belahan otak kanan dalam kehidupannya. Pada
kenyataannya memang sejak
awal kreativitas manusia sangat minim
yang memakai fungsi belahan otak kanan, maka dengan ini usaha kedepan Bagaimana
cara mendayagunakan belahan
otak kanan atau memaksimalkan fungsi belahan otak kanan
2. Masih banyaknya orang mengangap dengan
otak kiri manusia itu lebih cerdas dan berhasil menyelesaikan masalah – masalah
dalam kehidupan sehari – hari. dan dengan kecerdasan otak kirinya, manusia itu
lebih sukses, pada hal zaman sekarang peran otak kanan sangat dibutuhkan
3. Pada kenyataannya sekarang orang –
orang yang melanggar norma – norma kehidupan ,seperti kekerasan, perkelahian , perampokan dan lain
sebagainya itu adalah gambaran orang – orang yang terlalu mempungsikan otak
kiri ketimbang otak kanannya. Sehingga menimbulkan masalah – masalah dalam
kehidupan masyarakat.
4. Jika dihubungkan dengan dunia
pendidikan yang telah diamanatkan oleh
undang – undang dasar sesuai dengan tujuan pendidikan nasional diantaranya mencerdaskan
kehidupan bangsa, maka perlunya orang tua, pendidik dan masyarakat dengan ppola
piker yan maju sehingga pemikiran – pemikiran secara logis, rasional,sekuensional
dan linear ini semata – mata menggunakan otak kiri, hal ini dapat mengakibatkan
ketertinggalan pola pikir genarasi muda kita dan dapat mengakibatkan dimata
dunia kualitas sumberdaya manusia Indonesia rendah.
5. Menurut : Arman
Andi Amirullah, Direktorat Pembinaan TK & SD Departemen Pendidikan Nasional
Pusat, dalam Seminar Sehari “Mengungkapkan, Otak kanan yang tidak pernah diasah,
juga bisa mengakibatkan seseorang kehabisan ide, kurang rasa ingin tahunya,
kurang disiplin, kurang tanggung jawab, kurang menghargai orang lain, kurang
menghargai keindahan, kurang menghargai kekuatan hati, kekuatan cinta dan
sebagainya. “Maka apakah kita masih mau menunda-nunda untuk mengaktifkan otak
kanan anak-anak bangsa?”
III.
PEMECAHAN MASALAH.
Berdasarkan
masalah – masalah yang telah dikemukan diatas peran otak kanan dalam
pengembangan kreativitas melalui otak
kanan dapat membantu pemecahan masalah antara lain sebagai berikut :
3.1.Selaku umat muslim harus tahu
mengkaitkan peran islam dan otak kanan.
Islam adalah agama yang merangsang otak kanan manusia menjadi
berfungsi. Betapa tidak, ketika kita mencoba memahami bagaimana pergantian
malam dan siang terjadi, seperti dijelaskan dalam Al Qur’an, tentu diperlukan
daya imajinasi untuk bisa merasakan kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam
semesta, menumbuhkan aneka tumbuhan, dan bagaimana Sang Khaliq menurunkan
hujan.
Sesungguhnya dalam
penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat
tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat
Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka
memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: “Ya Tuhan kami,
tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau,
maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Qs. Ali Imran 190-191).
Tanpa bantuan
imajinasi (otak kanan), kita tidak sanggup melihat dan merasakan langsung
tanda-tanda yang dimaksud, dan tidak sanggup memikirkan penciptaan langit dan
bumi,” Bahkan dalam hadits Nabi dikatakan: “Sembahlah Tuhan-Mu seakan-akan
engkau melihatnya, dan apabila kamu tidak sanggup melihat-Nya, maka yakinlah
bahwa Allah melihat kamu.”
Sangat jelas dalam
hadits ini, perintah untuk seolah-olah melihat Allah dalam shalat adalah
pekerjaan imajinasi atau kemampuan “membayangkan.” Seperti kita ketahui,
sepertiga dari ayat-ayat suci Al Quran adalah bercerita tentang kisah jaman
dahulu dan banyak menggunakan kata perumpamaan: seakan-akan, seperti, yang
tentunya membutuhkan daya imajinasi yang kuat. “Tahukah Anda kalau daya
imaninasi adalah tanggungjawab otak kanan?”
3.2.setiap kita melaksanakan sesuatu pekerjaan, kita
harus memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan tersebut adalah otak mana yang
lebih berperan, jika otak kanan, maka kita akan ingat dengan fungsi dari otak
kanan tersebut. Diantaranya adalah :
1.Otak kanan juga
memiliki kemampuan berkolaborasi dengan
hati,
2.memiliki
kemampuan daya kreatif dan seni yang tinggi.
3.otak kanan juga memiliki rasa keikhlasan, kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening,
kepuasan, imajinatif dan seterusnya.
4.Otak
kanan manusia menggambar,
menunjuk,Memeraga
kan, bermain, berolahraga,
bernyanyi, danaktivitas moto
rik lainnya.
3.3. Dalam upaya mengatasi
permasalahan dibidang pendidikan dengan kreativtas pemampaatan otak kanan
adalah .melalui pendidikan di sekolah – sekolah dengan memberdayakan penggunaan
otak kanan pada anak pra sekolah yaitu umur
3 – 5 tahun.dengan alasan sebagai
berikut ;
1.Belajar sambil bermain anak akan mengenal
disiplin , tanggung jawab, serta
memiliki kemandirian belajar dengan mengenal lingkungannya sendiri.
2.Belajar mengembangkan ketrampilan dasar
yaitu, mebaca, menulis dan menghitung.
3.pada anak usia pra sekolah merupakan
tahap awal yang paling tepat untuk dijadi dasr untuk mengasah pungsi dari otak
kanan, sehingga kelak ( remaja,dewasa dan tua) pungsi otak kanan sudah seimbang
dan mampu disesuaikan dengan kondisi dimana saja ia berada.
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
4.1. KESIMPULAN
1.Otak kanan memiliki
kemampuan dalam hal rasa empati atau kepedulian yang tinggi. Otak kanan juga
memiliki kemampuan berkolaborasi dengan hati, memiliki kemampuan daya kreatif
dan seni yang tinggi. Keistimewaan otak kanan juga memiliki gelombang otak
bernama gelombang alfa. Gelombang ini yang bisa merasakan keikhlasan,
kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening, kepuasan, imajinatif dan
seterusnya.
2.Otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi
dan dimensi.
3.Belahan otak kanan berfungsi kalau manusia menggambar, menunjuk, memeragakan,
bermain, berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya.
4.Otak
kanan,dapat merekam
dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak, se – sel darah manusia
dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori otak kita penuh.
5.Selaku umat muslim
islam
adalah agama yang merangsang otak kanan manusia untuk berfungsi.seperti
dapat bershalawat ketika ditengah kesibukan,bertawakal ketika ditengah
kebuntuan.dan bersyukur ketika mendapat masalah karna disitu tersimpan potensi
potensi rezki yang tak terduga.
4.2. SARAN.
a.Diharapkan seluruh generasi muda
Indonesia setiap melakukan suatu kegiatan yang dicintai supaya
mendominankan fungsi dari otak kanan
Dengan alasan mendominankan fungsi dari otak
kanan akan memunculkan rasa kasih sayang, tenggang rasa, menyenangkan,
pengendalian emosional, menggunakan perasaan. sehingga masyarakat menjadi
pandai, ramah tamah.
b.jangan
abaikan peran otak kanan didalam dunia pendidikan.karna
melalui pendidikan yang terpgoram dan jelas akan melahirkan generasi yang cerdas, bermoral dan mandiri.
c.diharapakan
kepada kita semua supaya banyak membaca buku
buku yang berkenaan dengan peran dari otak kanan.
DAFTAR
PUSTAKA
Arman Andi
Amirullah, 2011, Dalam Seminar Sehari
“Mengungkap Rahasia Otak
Kanan Anak” Jakarta Timur,
Direktorat
Pembinaan TK & SD Departemen Pendidikan Nasional Pusat,
Ippho Right Santosa,
2010, Tujuh keajaiban Rizki, jakarta, Gramedia.
Hartono Sangkar
Paran, 2010,Dahsyatnya otak tengah,
Bandung Visi media.
Irawati Istiadi,
2005, Agar nak asyik belajar,
Jakarta, Pustaka Inti.
Irawati Istiadi , 2004 .Istimewakan setiap anak, Jakarta , Pustaka inti
1 komentar:
sarana belajar yang baik
Posting Komentar