Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manfaat Otak Kanan


MAKALAH
PENGEMBANGAN KREATIVITAS MANUSIA MELALUI  PEMANFAATAN OTAK KANAN

I.PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.
Manusia diciptakan dengan dua bagian otak yaitu otak besar kanan dan otak besar bagian kiri.ini diciptakan untuk berintekraksi satu dengan yang lain.namun perkembangan kebudayaan manusia lebih cenderung untuk mempergunakan hanya salah satu dari bagian otak tersebut.
Riset tentang otak merupakan topik yang menarik perhatian seluruh dunia sekarang ini, otak adalah merupakan pusat pegontrol untuk sebuah fisik tubuh kita, setiap bagian tubuh termasuk sistim pemikiran dan imajinasi sangat tergantung pada daya kerja otak kita. Jika otak kita mempunyai kinerja yang tinggi. Setiap bagian tubuh fisik kita juga menunjukkan kinerja yang tinggi.
Setiap orang pasti mengharapkan kecerdasan otaknya, apalagi untuk generasi selanjutnya, kita mengharapkan memiliki kecerdasan yang lebih dibanding dengan generasi sebelumnya.solusi supaya akan menjadi cerdas adalah pengaktipan dari otak kanan agar berkembang mencapai potensi maksimal.dengan aktivasi otak kanan akan mengubah bangsa ini menjadi bangsa yang maju, kreatif dan memiliki karakter positif hal ini dimulai dari generasi sekarang ini

Menurut Arman, ternyata tidak semua orang tahu perihal kehebatan dan rahasia otak kanan manusia. Uniknya, berbagai macam respon timbul ketika mendengar informasi tentang otak kanan. Ada yang menganggap biasa-biasa saja, ada yang sama sekali tidak pernah mendengar, ada yang tidak percaya bahwa otak manusia terbagi dalam dua bagian dengan fungsinya masing-masing.respon lain, ada yang menganggap bahwa otak kanan berfungsi atau aktif secara otomatis, apabila organ tubuh bagian kiri sedang bergerak, bahkan ada anggapan tidak ada pembagian otak kiri, otak kanan, maupun otak tengah. Yang mereka percayai, otak manusia hanya satu.

2.2. fungsi otak kanan.
a.Otak kanan memiliki kemampuan dalam hal rasa empati atau kepedulian yang tinggi. Otak kanan juga memiliki kemampuan berkolaborasi dengan hati, memiliki kemampuan daya kreatif dan seni yang tinggi. Keistimewaan otak kanan juga memiliki gelombang otak bernama gelombang alfa. Gelombang ini yang bisa merasakan keikhlasan, kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening, kepuasan, imajinatif dan seterusnya (Hartono Sangkar Paran )
b. Belahan otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi dan dimensi. Jadi belahan otak kanan berfungsi kalau manusia menggambar, menunjuk, memeragakan, bermain, berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya.  Sebenarnya kedua belahan otak kiri dan kanan sama penting dan sama kuatnya. Mereka saling melengkapi satu dengan yang lain.
c.Otak kanan, dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak, se – sel darah manusia dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori otak kita penuh. (Hartono Sangkar Paran )

2.2. mamfaat otak kanan.
Secara umum jika kita mendominankan fungsi dari otak kanan akan memunculkan rasa kasih saying, tenggang rasa dengan menggunakan perasaan. sehingga masyarakat menjadi pandai, ramah tamah, otak kanan adalah otak emosional yaitu terkait dengan EQ. dan mampu menentukan 80 % kesuksesan
Disaat kita tidur akan lebih aktif , kemahiran – kemahiran kita , seperti kreativitas ,imajinasi, intuisi dan sintesis dapat bermunculan.( Ippho Right Santosa )
Dengan otak kanan dapat :
1.   Mempercayai kekuatan sepasang bidadari dan keajaiban – keajaiban lainnya.
2.   Menemukan keajaiban abadi ditengah berkecamuknya persaingan,dan kita meninggalkan simpul pekerjaan dan mencoba simpul perdagangan.( Ippho Right Santosa ).
3.   Berani menantang status qua, mencari pendekatan baru,memahami pesan – pesan tersembunyi, dan membuat perumpamaan – perumpamaan.
4.    berani bersadakah sebelum memulai usaha atau kerja justu dengan begitu usaha dan kerja akan lebih lancar.
5.   Membantu kita beshalawat ketika kesibukan, bertawakal ditengah kebuntuan, bersyukur tak kala ditimpa masalah, disitulah tersimpan potensi rezki dan hikmah – hikmah berharga.( Irawati Istiadi ).
6.   Mampu menghangatkan suasana kita dapat bergurau,bermain,bercerita,dan bernyanyi. .(Irawati Istiadi ).

















II.PERMASALAHAN.
Bahwa otak manusia terdiri dari dua belahan yaitu otak kiri dan kanan , ketika susunan syaraf indera menerima informasi mereka akan meneruskan ke otak , selanjutnya otak akan mengolah informasi tersebut  untuk kemudian memberi perintah kepada organ – organ tubuh yang lain.masing – masing otak kiri dan kanan memiliki spesifikasi keahlian khusus dalam mengolah impormasi – impormasi yang masuk., sehingga didalam kehidupan sehari – hari lebih banyak memunculkan permasalahan yang berkaitan dengan komunikasi verbal diantaranya adalah :
1.   Manusia dalam aktivitasnya sehari hari manusia terlalu menekankan aktivitas  belahan otak kiri. Masyarakat umumnya  lebih   mementingkan  analisis,  logika,   dan  jarang sekali memperhatikan  atau  kurang  mengoptimalkan  fungsi belahan otak  kanan dalam kehidupannya.  Pada   kenyataannya   memang   sejak   awal kreativitas manusia sangat minim  yang memakai fungsi belahan otak kanan, maka dengan ini usaha kedepan  Bagaimana   cara    mendayagunakan belahan otak  kanan  atau memaksimalkan fungsi belahan otak kanan

2.   Masih banyaknya orang mengangap dengan otak kiri manusia itu lebih cerdas dan berhasil menyelesaikan masalah – masalah dalam kehidupan sehari – hari. dan dengan kecerdasan otak kirinya, manusia itu lebih sukses, pada hal zaman sekarang peran otak kanan sangat dibutuhkan
3.   Pada kenyataannya sekarang orang – orang yang melanggar norma – norma kehidupan ,seperti  kekerasan, perkelahian , perampokan dan lain sebagainya itu adalah gambaran orang – orang yang terlalu mempungsikan otak kiri ketimbang otak kanannya. Sehingga menimbulkan masalah – masalah dalam kehidupan masyarakat.
4.   Jika dihubungkan dengan dunia pendidikan  yang telah diamanatkan oleh undang – undang dasar sesuai dengan tujuan pendidikan nasional diantaranya mencerdaskan kehidupan bangsa, maka perlunya orang tua, pendidik dan masyarakat dengan ppola piker yan maju sehingga pemikiran – pemikiran secara logis, rasional,sekuensional dan linear ini semata – mata menggunakan otak kiri, hal ini dapat mengakibatkan ketertinggalan pola pikir genarasi muda kita dan dapat mengakibatkan dimata dunia kualitas sumberdaya manusia Indonesia rendah.
5.   Menurut : Arman Andi Amirullah, Direktorat Pembinaan TK & SD Departemen Pendidikan Nasional Pusat, dalam Seminar Sehari “Mengungkapkan, Otak kanan yang tidak pernah diasah, juga bisa mengakibatkan seseorang kehabisan ide, kurang rasa ingin tahunya, kurang disiplin, kurang tanggung jawab, kurang menghargai orang lain, kurang menghargai keindahan, kurang menghargai kekuatan hati, kekuatan cinta dan sebagainya. “Maka apakah kita masih mau menunda-nunda untuk mengaktifkan otak kanan anak-anak bangsa?”  


III. PEMECAHAN MASALAH.
        Berdasarkan masalah – masalah yang telah dikemukan diatas peran otak kanan dalam pengembangan  kreativitas melalui otak kanan dapat membantu pemecahan masalah antara lain  sebagai berikut :
3.1.Selaku umat muslim harus tahu mengkaitkan peran islam   dan otak kanan.
Islam adalah agama yang merangsang otak kanan manusia menjadi berfungsi. Betapa tidak, ketika kita mencoba memahami bagaimana pergantian malam dan siang terjadi, seperti dijelaskan dalam Al Qur’an, tentu diperlukan daya imajinasi untuk bisa merasakan kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta, menumbuhkan aneka tumbuhan, dan bagaimana Sang Khaliq menurunkan hujan.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Qs. Ali Imran 190-191).

Tanpa bantuan imajinasi (otak kanan), kita tidak sanggup melihat dan merasakan langsung tanda-tanda yang dimaksud, dan tidak sanggup memikirkan penciptaan langit dan bumi,” Bahkan dalam hadits Nabi dikatakan: “Sembahlah Tuhan-Mu seakan-akan engkau melihatnya, dan apabila kamu tidak sanggup melihat-Nya, maka yakinlah bahwa Allah melihat kamu.”

Sangat jelas dalam hadits ini, perintah untuk seolah-olah melihat Allah dalam shalat adalah pekerjaan imajinasi atau kemampuan “membayangkan.” Seperti kita ketahui, sepertiga dari ayat-ayat suci Al Quran adalah bercerita tentang kisah jaman dahulu dan banyak menggunakan kata perumpamaan: seakan-akan, seperti, yang tentunya membutuhkan daya imajinasi yang kuat. “Tahukah Anda kalau daya imaninasi adalah tanggungjawab otak kanan?”

3.2.setiap kita melaksanakan sesuatu pekerjaan, kita harus memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan tersebut adalah otak mana yang lebih berperan, jika otak kanan, maka kita akan ingat dengan fungsi dari otak kanan tersebut. Diantaranya adalah :
1.Otak kanan juga memiliki kemampuan berkolaborasi      dengan hati,
2.memiliki kemampuan daya kreatif dan seni yang tinggi.  
3.otak kanan juga memiliki rasa keikhlasan, kebahagiaan,  ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening, kepuasan, imajinatif dan seterusnya.

4.Otak kanan manusia menggambar, menunjuk,Memeraga
kan, bermain, berolahraga, bernyanyi, danaktivitas moto
rik lainnya.
3.3. Dalam upaya mengatasi permasalahan dibidang pendidikan dengan kreativtas pemampaatan otak kanan adalah .melalui pendidikan di sekolah – sekolah dengan memberdayakan penggunaan otak kanan pada anak pra sekolah yaitu umur
        3 – 5 tahun.dengan alasan sebagai berikut ;
    1.Belajar sambil bermain anak akan mengenal disiplin ,   tanggung jawab, serta memiliki kemandirian belajar dengan mengenal lingkungannya sendiri.
    2.Belajar mengembangkan ketrampilan dasar yaitu, mebaca, menulis dan menghitung.
    3.pada anak usia pra sekolah merupakan tahap awal yang paling tepat untuk dijadi dasr untuk mengasah pungsi dari otak kanan, sehingga kelak ( remaja,dewasa dan tua) pungsi otak kanan sudah seimbang dan mampu disesuaikan dengan kondisi dimana saja ia berada.








IV. KESIMPULAN DAN SARAN
4.1. KESIMPULAN
1.Otak kanan memiliki kemampuan dalam hal rasa empati atau kepedulian yang tinggi. Otak kanan juga memiliki kemampuan berkolaborasi dengan hati, memiliki kemampuan daya kreatif dan seni yang tinggi. Keistimewaan otak kanan juga memiliki gelombang otak bernama gelombang alfa. Gelombang ini yang bisa merasakan keikhlasan, kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening, kepuasan, imajinatif dan seterusnya.
2.Otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi dan dimensi. 
3.Belahan otak kanan berfungsi kalau manusia menggambar, menunjuk, memeragakan, bermain, berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya.
4.Otak kanan,dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak, se – sel darah manusia dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori otak kita penuh.
     5.Selaku umat muslim
   islam  adalah agama yang merangsang  otak kanan manusia untuk berfungsi.seperti dapat bershalawat ketika ditengah kesibukan,bertawakal ketika ditengah kebuntuan.dan bersyukur ketika mendapat masalah karna disitu tersimpan potensi potensi rezki yang tak terduga.

4.2. SARAN.
    a.Diharapkan seluruh generasi muda Indonesia setiap melakukan        suatu kegiatan yang dicintai supaya mendominankan fungsi dari otak kanan
  Dengan alasan mendominankan fungsi dari otak kanan akan memunculkan rasa kasih sayang, tenggang rasa, menyenangkan, pengendalian emosional, menggunakan perasaan. sehingga masyarakat menjadi pandai, ramah tamah.
b.jangan abaikan peran otak kanan didalam dunia  pendidikan.karna melalui pendidikan yang terpgoram dan jelas akan melahirkan  generasi yang cerdas, bermoral dan mandiri.
c.diharapakan kepada kita semua supaya banyak membaca buku  buku yang berkenaan dengan peran dari otak kanan.


    

   





DAFTAR PUSTAKA

Arman Andi Amirullah, 2011, Dalam Seminar Sehari “Mengungkap Rahasia Otak Kanan Anak” Jakarta Timur,
                               Direktorat Pembinaan TK & SD Departemen Pendidikan Nasional Pusat,

Ippho Right Santosa, 2010, Tujuh keajaiban Rizki, jakarta,    Gramedia.

Hartono Sangkar Paran, 2010,Dahsyatnya otak tengah, Bandung      Visi media.

Irawati Istiadi, 2005, Agar nak asyik belajar, Jakarta, Pustaka Inti.

Irawati Istiadi , 2004 .Istimewakan setiap anak, Jakarta , Pustaka inti

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

adli sumantri mengatakan...

sarana belajar yang baik

Poskan Komentar